Ayo, ayo, ayo Indonesia bisa  Ayo, ayo, bangkit bersatulah  Ayo, ayo, ayo Indonesia bisa  Kami di sini tuk mendukungmu Akhir...

MENYAMBUT ASIAN GAMES 2018

July 15, 2018 Nabela Aprilia 0 Comments

Ayo, ayo, ayo Indonesia bisa 
Ayo, ayo, bangkit bersatulah 
Ayo, ayo, ayo Indonesia bisa 
Kami di sini tuk mendukungmu

Akhir-akhir ini di media social sedang ramai membicarakan Lalu Muhammad Zohri yang merupakan juara dunia lari cepat 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Dalam sekejap berita ini menjadi viral, prestasi Zohri disambut dengan baik oleh masyarakat, apalagi hal ini terjadi saat mendekati pagelaran Asian Games yang diadakan di Jakarta - Palembang.


Menjelang Asian Games yang diadakan di Indonesia, Kalian antusias nggak nih? Menjadi tuan rumah Asian Games merupakan kebanggaan untuk bangsa Indonesia loh. Pagelaran akbar olahraga Asia ini diikuti oleh 45 negara. Jumlah cabang yang dipertandingkan adalah 40 cabang. Event Internasional ini akan diikuti oleh sekitar 15 ribu atlet dan 7 ribu official dari seluruh negara peserta. 



Dalam event olahraga, biasanya akan ada maskot yang menggambarkan negara tuan rumah. Maskot dalam Asian Games juga ada dong. Lucu-lucu loh karakternya. 





Event Internasional kali ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, hal ini harus dikelola dengan baik oleh panitia sehingga acara Asian Games dapat berjalan dengan lancar. Salah satu hal terpenting yang harus diantisipasi dengan serius adalah masalah transportasi di Jakarta. Pembatasan waktu tempuh maksimal Asian Games adalah 30 menit, baik dari wisma atlet hingga venue pertandingan. Pembatasan ini dibuat dengan tujuan agar atlet tidak stres dan kehilangan kebugaran akibat perjalanan panjang ke venue, juga untuk menjamin kelancaran jadwal pertandingan. 

Tantangan mendasar yang dihadapi penyelenggara Asian Games juga adalah besarnya jumlah lalu lintas orang dari dan menuju ke berbagai venue. Setiap pagi akan ada 15.000 atlet dan 7.000 official pergi ke venue, ditambah dengan jumlah penonton yang tentu saja akan jauh lebih besar lagi. 

Lalu bagaimana ya mengantisipasinya agar acara Asian Games dapat berjalan dengan lancar? 

Kementrian Perhubungan melalui BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) meluncurkan 3 paket kebijakan transportasi untuk menjamin pelaksanaan Asian Games lancar. Ketiga paket kebijakan tersebut yaitu Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL), Penyediaan Angkutan Umum serta kebijakan Pembatasan Lalu Litas Angkutan Barang (golongan III, IV, dan V). Selain untuk menjamin kelancaran Asian Games, dikeluarkannya ketiga paket kebijakan tersebut juga mendorong masyarakat agar beralih ke kendaraan umum.





"Asian Games menjadi momentum guna mengedukasi masyarakat untuk mau beralih dan memanfaatkan transportasi umum. Selain efektif mengurangi kemacetan, peralihan ini juga memberi efek pada penurunan tingkat polusi udara," ujar Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Kebijakan ini meliputi penambahan armada bus Trans Jakarta ke venue sebanyak 76 unit, penyediaan 57 unit bus dari Hotel/Mall ke venue, penyediaan 204 bus khusus untuk wilayah-wilayah yang terdampak perluasan kebijakan ganjil-genap, serta penyediaan 10 unit bus guna keperluan non pertandingan (wisata). Menariknya, semua bus dengan trayek menuju venue akan digratiskan untuk masyarakat umum. Semua kebijakan tersebut dapat berjalan lancar jika masyarakat ikut turut serta menggunakan kendaraan umum loh. 

Mumpung negara kita mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Yuk ramaikan penyelenggaraan Asian Games 2018! Dukung dan saksikan para atlet saat bertanding ya. 
Salam olahraga, 


Bela

0 comments: