Assalamualaikum, Apa kabar kamu? Semoga selalu senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat. Diberi rejeki yang berkah dan tidak lupa untuk ...

Meningkatkan Ekonomi Melalui Zakat dan Wakaf

March 29, 2018 Nabela Aprilia 4 Comments

Assalamualaikum,


Apa kabar kamu? Semoga selalu senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat. Diberi rejeki yang berkah dan tidak lupa untuk bersyukur. Bersyukur bukan hanya menjalankan kewajiban rutin seperti salat loh, tetapi kita juga dianjurkan untuk sedekah dan infak. 

Dan aku bersyukur nih karena diberi kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang Zakat, Wakaf dan Ekonomi Syariah. Hmm... Apa saja ya yang dibahas? 


Tidak tanggung-tanggung loh, aku ikut acara Lokalatih Tunas Muda Agent Of Change Ekonomi Syariah selama tiga hari, berlokasi di Royal Padjajaran Hotel, Bogor. 

Pembahasannya seru dan menarik nih. Ternyata Zakat, Wakaf dan Ekonomi Syariah tuh cakupannya luas loh. Bukan hanya sebagai ibadah tapi juga bisa bermanfaat untuk banyak umat manusia. Kok bisa ya? 

Selama ini, kita tahu kalau Zakat merupakan rukun islam yang ketiga. Hukumnya wajib bagi setiap individu. Ternyata zakat mempunyai dampak yang cukup besar untuk umat loh. 

Jumlah umat islam Indonesia mencapai 87%, merupakan jumlah umat islam terbesar di dunia. Potensi zakat nasional 217 T per tahun, namun penghimpunan zakat nasional belum mencapai pada angka yang signifikan. Sejak tahun 2000, laporan zakat secara nasional yang disampaikan oleh BAZNAS setiap tahunnya mengalami kenaikan, namun jumlahnya belum mencapai angka potensi dari zakat. 

Tahu nggak sih? Berdasarkan survei World Giving Index 2017 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki tingkat kedermawanan masyarakat no. 2 di dunia setelah Myanmar. Pertumbuhan filantropi di Indonesia juga semakin meningkat loh. Zakat merupakan jantung filantropi islam. Semakin banyak filantropi diharapkan berkorelasi positif dengan pengurangan angka kemiskinan. 

Saat kamu zakat fitrah, berzakat melalui amil terdekat atau melalui badan resmi seperti BAZNAS nih? Berzakat melalui amil zakat yang resmi dapat mengarahkan dan membimbing masyarakat untuk dapat mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. 

Zakat dapat berperan sebagai instrumen perbaikan ekonomi umat islam. Diharapkan zakat dapat mengurangi kesenjangan sosial ekonomi di Indonesia. Pengembangan ekonomi dalam zakat dapat kamu temukan di Kampung Zakat. Kampung Zakat merupakan program nyata bahwa zakat dapat meningkatkan taraf ekonomi sosial. 

Wakaf berbentuk Produktif

Step berikutnya, aku akan membahas mengenai wakaf. Apa sih wakaf itu? Wakaf merupakan sektor sosial produktif dalam sistem ekonomi dan keuangan syariah yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pembangunan umat dan negara. 

Wakaf mempunyai dasar hukum yang kuat. Tahukah kamu? Wakaf jika dikumpulkan menjadi satu seluruh Indonesia, luasnya mencapai 5 kali Singapura loh. Wah, luas banget ya. Kebayang dong, wakafnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat loh. 

Selama ini kebanyakan wakaf ditemukan berupa bangunan masjid ataupun tanah kuburan. Tetapi ternyata wakaf dapat berupa bangunan sekolahan, rusunawa, pertanian, perkebunan, dan lain-lain. Bahkan ada loh, Indomart yang dibangun dari tanah wakaf. Keren ya. 

Nazir adalah orang yang diberikan amanah sebagai pemegang tanah wakaf. Tanah wakaf paling luas terdapat di Demak, totalnya 350 hektar. Sebagian besar lahan sawah, setiap tahun tanah sawah dilelang, terkumpul uang sebesar 6 T per tahun. Sekarang, tanah wakaf yang mereka punya sudah hampir 400 hektar. 

Kalau kamu mau mewakafkan tanah, dibawa ke KUA, setelahnya disahkan oleh Badan Pertanahan Nasional. Jadi pemirsa, KUA tuh bukan cuma buat urusan perihal pernikahan ya, bisa juga buat mengurus tanah wakaf loh. 

Wakaf juga bukan hanya perihal tentang tanah, tetapi bisa juga dalam bentuk uang loh. Sekarang, dengan minimal Rp 100.000,- kamu bisa menyetor wakaf tunai di bank syariah. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembinaan ekonomi umat. 

Branding Wakaf Menggunakan Media Digital 

Penting nggak sih mensounding wakaf di social media? Ooh penting dong. Karena wakaf dapat meningkatkan ekonomi sosial. Wakaf produktif, keuntungannya dapat mensejahterakan umat. 

Branding wakaf dapat dapat diproses dengan cara mengenalkan brand. Caranya: 
- Let's start with identity 
- A Brand Exist Both in the Heart & Minds of People 
- Represent An Attitude or A Philosophy 

Branding wakaf juga bisa dibuat dengan cara menggunakan story telling yang dapat menyentuh hati. Berikut contoh video story telling dari ACT yang dapat menggugah hati untuk tergugah saling membantu. 



Wakaf bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi juga untuk banyak orang. Jika wakaf produktif dimanfaatkan untuk umat, hasilnya bisa stabil untuk bertahun-tahun. 

Yuk berwakaf dan saling tolong menolong dalam hal kebaikan!



Yeay... Akhirnya selesai sudah acara Lokakarya Tunas Muda Agent of Change Ekonomi Syariah. Senang banget, karena dapat banyak materi kece mengenai zakat dan wakaf yang ternyata berfungsi banyak untuk umat. Terima kasih Kemenag untuk acaranya. Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat untuk para peserta. 

Salam, 


Bela 

4 comments:

  1. Semoga bermanfaat ya Ilmunya

    Terimakasih Bela ulasannya

    ReplyDelete
  2. Dengan zakat fitrah,otomtis masyarakat dapat saling membantu satu sama lainnya. Perekenomian masyarakat pun pastinya akan meningkat.

    ReplyDelete
  3. berasa makin tahu tentang ekonomi.... :D

    ReplyDelete
  4. Islam mencakup seluruh aspek.
    Inilah rahmatan lilalami.

    https://www.mitramilagros.com/sofyan/

    ReplyDelete