Hayoo, hayoo... siapa yang lagi kesel sama macetnya kota Jakarta akhir-akhir ini? Apalagi di jam rush hour , bikin emosi banget ya. Huft......

Ngobrol Santai Tentang BUMN Bareng Ibu Menteri. Berikut Program Yang Perlu Kamu Ketahui!

October 06, 2017 Nabela Aprilia 22 Comments

Hayoo, hayoo... siapa yang lagi kesel sama macetnya kota Jakarta akhir-akhir ini? Apalagi di jam rush hour, bikin emosi banget ya. Huft...

Tapi kalian sudah tahu kan ya, pemerintahan Jokowi lagi gencar-gencarnya pembangunan nih. Contohnya di Jakarta, mengenai pembangunan LRT, yang diperkirakan selesai 2019. Jadi selamat menikmati bermacet-macet ria :)

Ibu Rini Soemarno
Finally, akhirnya tadi malam aku diundang ke acara yang bertemakan "Peran Serta BUMN dalam Pembangunan" dengan pembicara langsung dari ibu Menteri BUMN, Rini Soemarno. Acara semalam tuh, ibu Rini ngejabarin panjang kali lebar dan mendetail banget tentang progress pembangunan pemerintah di berbagai kota di Indonesia.

Ingat slogan pak Presiden, yang Kerja, Kerja, Kerja kan? Dan ternyata jajaran Menteri dengan perusahaan BUMN tuh. Kerjanya nggak main-main loh. Ada banyak sekali proyek pembangunan mulai dari Jawa hingga Papua. Pembangunannya benar-benar udah bukan Jawa Sentris lagi.

Ada berbagai proyek pembangunan pemerintah yang perlu kamu tahu. Berikut detail penjelasannya:

1. Pembangunan tol

Pembangunan tol merupakan fokus dari pemerintahan Jokowi. Jadi, ibu Rini tuh semalam memaparkan kalau ada banyak tol yang sedang dibangun. Transportasi dari mulai Trans Java, rute tol Bali, pelabuhan Bakauheni - Palembang, jalan tol Manado, hingga Trans Papua. Semuanya sedang dalam proses pengerjaan.

Selama tiga tahun kepemimpinan Jokowi, sejak awal bulan Januari 2015 sampai hari ini, sudah terbangun dan siap pakai sepanjang 560 km. Ini merupakan salah satu achievement dari pemerintah. Pembangunan tol diharapkan dapat menjadi penghubung untuk perekonomian masyarakat.

2. Peminjaman modal usaha

BUMN tidak hanya pembangunan fisik tetapi juga pembiayaan modal di bidang usaha mikro, UKM dan UMKM. Bank-bank BUMN banyak memberikan modal kepada usaha mikro, mulai dari 500 ribu - 2 juta rupiah, hal ini sudah dinikmati oleh lebih dari 1,3 juta ibu-ibu di seluruh Indonesia loh. Program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan Wirausaha Mandiri untuk UMKM juga bisa dipinjamkan modal mulai dari 5-20 juta rupiah. Pemerintah melalui BUMN banyak menyalurkan pinjaman untuk membantu pengusaha lokal di seluruh Indonesia loh. Dan hal ini masih terus berjalan sampai sekarang. Jadi, buat kalian yang punya usaha dan butuh modal, boleh banget nih, meminjam modal dari bank BUMN.


3. Pembangunan Fiber Optik

Telkom yang merupakan perusahaan BUMN juga sudah mulai membangun 180.000 km fiber optik, dengan pembangunan ini diharapkan koneksi internet dapat berjalan lancar. Tersedianya 4G merupakan kebutuhan masyarakat dan komitmen pemerintah lah untuk menyediakannya. Jaman sekarang, semua serba terkoneksi, dengan adanya pembangunan jaringan internet, diharapkan perekonomian masyarakat juga dapat berjalan lancar.

4. Pemerataan Harga

Ingat nggak pas ada pemberitaan heboh, harga BBM di Papua sama dengan harga di Jawa? Kenapa bisa terjadi? Karena adanya pemotongan subsidi untuk rakyat di pulau Jawa. Pemerataan harga ini bagus untuk kondisi perekenomian di Papua loh. 

Bahkan, pemerintah juga bisa menerapkan harga semen di Papua sama dengan pulau Jawa. Mereka yang di Papua sekarang bisa mendapatkan semen seharga Rp 500.000/sak. Dan hal ini berimbas juga ke subsidi negara untuk listrik. Dari awalnya subsidi 100T Rupiah menjadi 50T Rupiah, semua bisa menjadi hemat dan lebih efisien. 

5. Pembangunan Listrik Mega Watt

Tahukah kalian? Sebelum acara malamnya, ibu Rini mendampingi Presiden meresmikan proyek PLTU Banten yang berkapasitas 4400 mega watt. Dan kabarnya di kota-kota selanjutnya juga akan diresmikan pembangun listrik mega watt. Ditunggu saja kabarnya. 

6. Perusahaan BUMN Go Public

Jadi guys, perusahaan BUMN tuh ada banyak. Bergerak di berbagai lini dan sektor. Dan beberapa diantaranya, sudah banyak yang sahamnya tuh Go Public. Hal ini juga mendorong pasar modal untuk lebih berkembang. Jadi, kalau kalian main saham dan mau invest, bisa banget di perusahaan BUMN. Mau tahu perusahaan BUMN apa aja yang sudah Go Public? Go to Indonesia Stock Exchange ya.

Jadi ternyata, ada banyak proyek strategis pemerintah, bahkan jumlahnya mencapai 325 proyek loh. Semoga pembangunannya lancar dan rakyat bisa ikut menikmati hasilnya.  

------------------------------------------------------------------------------

Out of topic sebentar ya. Jadi awal bulan kemarin tuh, teman gue dari Medan datang ke Jakarta. Dia ada pelatihan dari kantornya gitu. Kita janjian ketemu di suatu mall. Dia cerita kalau di Medan sekarang macet dan ada banyak pembangunan. Ada beberapa mall dan bahkan apartemen, katanya. Yang menariknya adalah ada kereta api yang langsung menuju ke Bandara. Dia cerita kalau ke Bandara sekarang jadi lebih cepat dan bebas macet. Pembangunannya cukup terasa bermanfaat banget. 

Jadi, kalau ada macet karena pembangunan, sabar aja ya. Insya Allah kalau sudah jadi, hasilnya baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Salam,


Bela


22 comments:

  1. Jakarta lagi banyak kejar target. Iya sih supaya ke depannya jadi enak... tapi gak bisa boong juga, sebel macetnya... :(

    ReplyDelete
  2. Jokowi dua periode lah pokoknya \m/

    ReplyDelete
  3. Serunya bisa ikutan acara keren seperti itu. tempat kerjaku dulu BUMN juga tapi sekarang udah naik jadi lembaga negara, jadinya enggak pernah dapat wejangan lagi sama mentri BUMN

    ReplyDelete
  4. Oh acara ini yang gak ngajak2 gue, syedih deh cuma baca ceritanya aja. Cukup tau kalo kata Rizky Febian mah.

    ReplyDelete
  5. semoga pembangunan di sana segera selesai dan hasilnya sesuai keinginan ya, bagus ini kalau benar-benar terealisasi

    ReplyDelete
  6. Semoga lancar yaa pembangunannya, yang gak Jawa sentris aja. Pasti senang lah masyarakat di luar Jawa juga kebagian pembangunan yang sama. Btw acaranya asyik ya, nyantai gitu di outdoor :)

    ReplyDelete
  7. Melihat banyak nya pembangunan yang dibangun semasa pemerintahan jokowi skrg, niscaya akan membuatnya sedikit lebih unggul dari para calon pesaingnya, apabila beliau mencalonkan kembali ke pilpres tahun 2019.

    Setidaknya jika beliau mencalonkan kembali, rakyat sudah tahu perihal kinerja beliau. Sehingga beliau tidak akan ragu untuk memberi kesempatan beliau utk periode kedua, guna melanjutkan pembangunan yg masih berjalan. Karena apa?

    Ditakutkannya begini, apabila jokowi tidak mencalonkan atau kalah dalam pilppres 2019 besok, maka si pemenang tentu akan mikir dua kali utk melanjutkan proyek jokowi. Hal ini dikarenakan akan munculnya sensitivisme proyek pembangunan, akibatnya proyek pemerintahan yg sebelumnya belum selesai akan ditinggalkan, dengan alasan proyek pembangunan yg lainnya. Akibatnya banyak yg mangkrak seperti yg sudah2...

    Ya semoga saja jokowi lanjut periode k dua..

    ReplyDelete
  8. Mantep emang yah, kerjanya bener2 nyata. Emang sih awalnya pasti gaenak macet2 bikin makian keluar tapi nanti fasilitas jadi super enak tinggal hahahihi aja, duh nikmat rakyat lagi yang kita dustakan :'D

    ReplyDelete
  9. Wah aku seneng kalo pembangunan berimbas banyak ke papua. Pengen banget indonesia pembangunannya merata ke semua daerah.

    ReplyDelete
  10. Senang dan sebal karena dampak pembangunan, senang karena pembangunan baik di Jakarta dan daerah lainnya merata. Sebalnya ya jadi macet karena ada pengerjaan proyek.

    ReplyDelete
  11. Aku suka BUMN yang sekarang. Perusahaan plat merah yang fokus mengejar untung. ngga cuman ngabis ngabisin modal dapet minjem lalu bangkrut. sudah banyak sih yang sukses kaya pegadaian dan BRI. BTW PT POs dan KAI juga udah bagus kinerjanya. suka deh

    ReplyDelete
  12. Sebal deh yang pas awal pemerataan harga diterapkan banyak yang protes. Yang di sini sih iya makin mahal, tapi kan buat subsidi silang ke masyarakat di daerah lain. Mikirin diri sendiri aja gitu lho kesannya. Huh. Untung sih sekarang udah lebih paham sepertinya, ya.

    ReplyDelete
  13. Kemarin waktu BUMN expo saya juga dapatkan info kalau Askrindo bisa juga menjadi jaminan para calon usahawan untuk mendapatkan modal dari kreditur.

    ReplyDelete
  14. Soal pemerataan harga ini bagai simalakama ya. Satu sisi kasian dengan saudara2 di daerah yang daya belinya mungkin terbatas. Di sisi lain, transportasi ke sana kan butuh biaya huhu....


    Semoga kinerja bu Rini dan jajarannya segera terealisasikan semua

    ReplyDelete
  15. Untuk pemerataan harga karena aku di jawa jd gak ngerasa sih. Tp dulu ada tamu dr Papua dan cerita2 kalau di sana mahalnya superrr banget. Makanya dia seneng pulang ke Jawa krn di sini harga jauh lbh murah

    Kalau soal internet, skrg 4G makin bagus, jauh dr yg dulu

    Semoga Indonesia makin maju ya

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah smg rencana pemerintah lancar dan tdk ada halangan, jd kelihatan hasilnya dan bisa dinikmati oleh rakyat banyak, serta meningkatkan perekonomian indonesia yg lagi flat ini.. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Senang bgt baca info ini, semoga pembangunan di Indonesia semakin merata ya, dr ujung timur smoai ujung barat. Jgn hanya dkota besar seperti ibukota, aku doakan program pemerintah berjlan lancar.

    ReplyDelete
  18. Semoga pembangunan Indonesianmakinnbaguss yesss...
    Sukses terus Indonesiaa hehehe
    Terimankasih infomya Bell

    ReplyDelete
  19. Huhuhu soal fiber optik, aku sedih, nanti calon rumah yg mau kutempati belum masuk. Padahal lokasinya gak jauh dr stasiun Cilebut :( 20 menit aja jalan kaki...
    Padahal butuh ISP buat kerjaan... #maafnumpangcurcol
    Semoga pemerintah bener2 nih merealisasikan pembangunan merata dalam segala bidang...

    ReplyDelete
  20. Saya mendukung 100% atas pembangunan finer optik supaya koneksi internet dan jaringan di indonesia merata dan dapat merasakan betapa kencangnua koneksi internet

    ReplyDelete
  21. Indonesia harusnya bisa menjadi negeri yang terus memperbaiki infrastrukturnya. Mengingat SDM dan SDA yang tersedia melimpah di negeri ini.
    Semoga Indonesia semakin maju.

    ReplyDelete
  22. ini mah enggak santai, malah obrolannya berat banget :D makasih sudah ngulas dengan bahasa yang mudah dimenegrti

    ReplyDelete