"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain." Kita sudah cukup sering mendengar quote sederhana tersebut. Te...

Let's ACT, Good People!

March 10, 2017 Nabela Aprilia 0 Comments

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain."
Kita sudah cukup sering mendengar quote sederhana tersebut. Tetapi sudah pernahkah kita menanyakan hal itu pada diri kita sendiri? sudah seberapa jauh kita bermanfaat untuk orang lain? 

-------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 25 Februari 2017, saya diundang ke acara "ngobrol kemanusiaan" yang diselenggarakan oleh ACT (Aksi Cepat Tanggap). ACT merupakan sebuah lembaga organisasi social-nasional yang sudah banyak memberikan bantuan, baik skala nasional hingga mancanegara. 

ACT For Humanity
Bertemakan Greatness Starts From Humanity, dalam pertemuan kali ini, pembicaranya adalah pak Ahyudin selaku presiden ACT. Beliau juga merupakan penggagas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Dalam sesi sharing kali ini pak Ahyudin menceritakan bahwa ACT merupakan lembaga sosial terdepan saat ada suatu wilayah yang terkena bencana. Seperti gempa bumi yang terjadi di Aceh kemarin, ACT bukan hanya menyalurkan bantuan tetapi juga memberikan bantuan secara intensif atau jangka panjang. "Tim ACT akan berada selama tiga tahun di wilayah gempa bumi Aceh kemarin" tuturnya.

Yang tidak kalah menyentuh adalah, ACT ikut memberikan bantuan internasional, seperti bantuan di jalur Gaza, Syria, Rohingya hingga bantuan kemanusian korban kelaparan di Somalia. ACT menjadi jalur diplomasi bantuan dari Indonesia kepada Negara-Negara yang membutuhkan.

Sebagai lembaga sosial nasional yang sudah mengglobal, ACT memahami bahwa persoalan kemanusian merupakan permasalahan yang universal, maka program-programnya harus menarik dan dalam jangka waktu panjang. Ada beragam program menarik dari ACT mulai dari Global Qurban, Global Wakaf hingga Global Zakat. Ada juga beragam program yang sudah dilaksanakan oleh ACT. Sebagai lembaga sosial kemanusian yang sudah berpengalaman, ACT mampu menjangkau dan mendistribusikan program-programnya.

Blogger in ACTion

Dalam obrolan ringan kali ini, ACT mengundang berbagai pegiat muda di social media. Mulai dari mengundang Blogger, kitabisa.com, kartun muslimah dan banyak mitra kerja lainnya. ACT ingin mengepakkan sayapnya di dunia media social, dengan mengenalkan program-programnya.

Berbagai program yang dikenalkan oleh ACT, diharapkan dapat membantu penyebaran program-program yang dimiliki ACT. Diharapkan juga akan menggaet calon donatur, volunteer hingga filantropi.

ACT tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Aceh, Bandung dan kota-kota lainnya. Memiliki ratusan ribu donatur dengan pendapatan Rp 364.000 ribu/orang/tahun. ACT mempunyai tiga asas penting yang berbasiskan Humanity, Volunterism dan Filantropi.  

Jika kamu ingin berdonasi dan mengetahui berbagai program ACT, kamu bisa mengunjungi webnya di: act.id dan cek juga social media mereka di:
@ACTforHumanity (Twitter), Aksi Cepat Tanggap (Facebook) dan @actforhumanity (Instagram)

Dengan berdonasi, menyisihkan sebagian harta yang kita punya, itu artinya kita turut membantu dan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Let's ACT, Good People!


Salam kasih


Bela


0 comments: