Weekend minggu kemarin gue ikut kunjungan ke pabrik Aqua di Cianjur bareng teman-teman Blogger Indonesia Blogger Network. PT Tirta Inv...

Kunjungan Blogger ke PT Tirta Investama Aqua di Cianjur

October 23, 2015 Nabela Aprilia 0 Comments

Weekend minggu kemarin gue ikut kunjungan ke pabrik Aqua di Cianjur bareng teman-teman Blogger Indonesia Blogger Network.


PT Tirta Investama Cianjur
Hari sabtu tepatnya. Kita meeting point di Mall Citos (Cilandak town square). Dikabarkan berangkat jam 06.00 pagi dan disebabkan beberapa hal berangkat lah sekitar jam 7. Disediakan dua bus Elf yang akan mengantarkan kita selama perjalanan. Perjalanan ke pabrik Aqua di Cianjur melewati Puncak dan memakan waktu selama tiga jam. Wow... Pinggang cukup pegal. Hehe... 

Di lokasi Pabrik Aqua


Setelah sampai kira-kira jam setengah 11 kita meeting dengan pihak Aqua Pak Agus Herdiana beliau adalah Plan manager. Kita diberikan video profil company mereka, dijelaskan tentang jaminan keamanan dan keselamatan untuk para pegawai yang bekerja di Aqua, penghargaan, apa saja yang mereka dapatkan dan berikan untuk warga di sekitar perusahaan dll. 

Dijelaskan pula pabrik Aqua di Cianjur ini dibangun pada tahun 2010 dan mulai beroperasi pada tahun 2011. Pabrik Aqua ini beroperasi selama 24 jam yang dibagi dalam 4 shift. Pabrik Aqua di Cianjur merupakan pabrik yang ke 13 dari total 18 pabrik yang ada. Menghasilkan ribuan botol/jam, sekitar 4000 botol/jam. Luas pabrik ini 13,15 hektar. Woww... 

Di pabrik Aqua ini juga dilarang merokok di seluruh area kecuali tempat-tempat tertentu dan di pabrik ini pun ada ruang terbuka hijau. Hawanya beda deh, sejuk gitu. Aqua mendapat beberapa penghargaan diantaranya Contractor Safety Management Center, Produk ISO : 9001 Bahkan penghargaan dari Asia Pasific and many more. Ntap ! 

Aqua yang produksi utamanya Air. Pastinya memperhatikan beberapa hal terkait Amdal (Analisis mengenai dampak lingkungan hidup) dan beberapa permasalahan konservasi lingkungan. Pihak Aqua melakukan beberapa hal, diantaranya :
  1. Perlindungan mata air 
  2. Program kampung iklim
  3. Pihak Aqua mendapat ijin SIPA (Surat Ijin Pengambilan Air) dan mendapatkan ijin dari pemerintah dan kementrian terkait.
  4. Aqua mengambil air tanah dalam yang kedalamannya lebih dari 20m di bawah tanah. Air ini bisa banget dieksplorasi dan tetap terjaga ratusan tahun dengan catatan adanya proses penghijauan seperti penanaman dan reboisasi.
Jadi, Pihak Aqua pun berkomitmen untuk tetap menjaga kelestarian di lingkungan sekitar seperti adanya ruang terbuka hijau, rehabilitasi saluran irigasi, penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, biopori dan lain-lain. Pihak Aqua juga mengadakan penelitian-penelitian terkait sumber daya air dan pendidikan lingkungan hidup selama 1 tahun. 

Lubang Biopori
Air Aqua melalui beberapa tahapan proses diantaranya dari sumber air yang melalui penyulingan -> area penyimpanan tong besar -> melalui proses 1 mikron -> Sinar UV pertama -> Sinar UV kedua -> proses Ozonisasi -> selesai. 
melalui beberapa tahapan tersebut pihak Aqua mengklaim terbebas dari bakteri maupun pencemaran. Dijamin aman deh ! 

Ingat ga sih sama iklan Aqua crush campaign dulu yang diiklanin sama Nicholas Saputra. Nah kemarin kita diingatkan lagi untuk melakukan crush campaign. Apa sih crush campaign? penghancuran atau peremukan plastik. Jadi selesai kita minum Aqua. Buka tutup botolnya -> cabut logo kemasannya -> remukan botolnya -> buat sampahnya ke tempat sampah. Jangan buang sampah sembarangan ya ! 
Buat apa sih Crush campaign tuh? Untuk memudahkan para pemulung atau petugas kebersihan memisahkan sampah-sampah an organik seperti botol plastik Aqua. Dan juga maksud meremukan botol itu supaya sampahnya tidak terlihat menumpuk. Praktikan ya guys ! 
Nih Videonya 


Pihak Aqua dengan CSRnya juga mensuport masyarakat petani lokal yang bernama HIPOCI dan Bina Lestari.

HIPOCI
HIPOCI adalah Himpunan Petani Organik Cianjur. Mereka menghasilkan produk unggulannya berupa beras. Bina Lestari adalah kelompok dari istri-istri petani mereka bekerja memisahkan sampah-sampah organik dan an organik untuk diolah kembali. Nah, sampah-sampah tersebut menghasilkan kompos, ada kompos cair dan padat. Karena organik berasnya disimpan dalam bentuk gabah untuk memperpanjang masa umur beras dan menjaga kualitasnya. Produk-produk dari Hipoci pemasarannya dibantu pihak Aqua, melalui Bazaar, minuman VIT SA (Siap Antar) dan Aqua Home Service. 
Hipoci pernah menjamu nasi organik kepada tamu dari 18 negara, menjadi pembicara di acara-acara kementrian. Mereka bilang "ini seperti mimpi dan ini juga berkat bantuan dari pihak Aqua." 

Oya, sempat bertanya juga kepada salah satu petani HIPOCI. Di saat kemarau seperti ini bagaimana air di sawah Pak? Terus bapaknya bilang. Alhamdulillah neng air lancar. Alhamdulillah... 
Seneng banget ya dengernya :). Masyarakat sekitar tidak kesulitan air. Bukti bahwa Aqua menjaga kelestarian air dan lingkungan kan. Two thumbs. 
Mau tahu lebih banyak mengenai Hipoci. klik webnya saja ya :)

Itulah hal yang saya dapatkan mengenai kunjungan ke pabrik Aqua di Cianjur. Mereka membangun perusahaan dengan tetap memperhatikan lingkungan bahkan melakukan bantuan kepada masyarakat sekitar. Dengan cara membina dan memberikan pelatihan kepada para petani. Senang sekali bisa melihat langsung pabrik Aqua dan bagaimana proses pengerjaannya, bertemu dengan petani lokal yang organik. Sinergi yang bagus dari pihak perusahaan dan masyarakat. 
Semoga semakin bertambah rejekinya dan barokah. Semakin baik kerjasamanya. Sukses selalu untuk pihak Aqua dan Hipoci.
Terima kasih kami mendapatkan kesempatan untuk berkunjung kesana. 

Dalam perjalanan pulang, saya merenung satu hal 
"Manusia memang seharusnya saling tolong menolong dan memberi manfaat kepada sesama dan Aqua sebagai perusahaan sukses menjadi penghubung" Indahnya berbagi :) 
Sstt... Aqua juga mengadakan Anugrah Jurnalistik Aqua tahun kelima dengan tema "Kelestarian Air dan Lingkungan sebagai Tanggung Jawab Bersama". Lomba ini berlaku hingga 31 Oktober 2015. Yuk ikutan ! 

Syarat dan Ketentuan Lomba

Dear teman-teman Blogger. Yuk ikutan ! 
Serrbuuu...








0 comments: