Hai... Haii... Haii.... Ditengah-tengah kesibukan pengangguran , masih harus tetap semangat ngeblog.  Jadi, beberapa hari yang lalu. Kam...

Seminar Karir di Dunia Media Massa

June 10, 2015 Nabela Aprilia 0 Comments

Hai... Haii... Haii....

Ditengah-tengah kesibukan pengangguran, masih harus tetap semangat ngeblog. 

Jadi, beberapa hari yang lalu. Kampus aku ngadain seminar keren, dengan tema
"Karir di Dunia Media Massa". 


Pembicaranya Pak Tito Loho, beliau lulusan Teknik Elektro Universitas Trisakti dan seorang CEO PT Tender Indonesia. 

Tito Loho
Pak Tito bilang, kalo era sekarang tuh era media banget, era digital. Mau buat sesuatu yang kreatif, bisa promosi melalui media apapun. Entah tu medsos (media sosial) ataupun bikin web/blog. Lebih gampang untuk pemasarannya. Dan itu semua adalah "Media Massa". 

Pak Tito bilang, bahwa Logic will get you A to B
Dan dia membandingkan dengan kata-kata terkenal dari Albert Einstein ini 
"Imagination more important than knowledge". 

Beliau bilang bahwa Imaginasi tuh lebih penting, karena kamu gak cuma akan dapet A sampai B, bahkan bisa dapet lebih dari apapun yang kamu mau. Bercita-citalah setinggi mungkin, berimajinasi kamu mau jadi apa, maka suatu saat nanti imaginasi kamu akan terwujud. Bener juga ya, banyak kok orang-orang yang sekarang sukses, dulunya mereka cuma berkhayal, cuma berimajinasi, tetapi dengan usaha yang pantang menyerang, akhirnya keinginan terpendam mereka dulu bisa terwujud. Let's Dreaming Guys :) 

Pak Tito punya banyak bisnis diantaranya :
  • Demand bisa dilihat di web (www.tender-indonesia.com) Web ini menyediakan informasi proyek se Indonesia. Website ini dibuat khusus untuk membantu para supplier atau kontraktor dalam mencari proyek di sektor Migas, Pertambangan, Kelistrikan, Telekomunikasi dan Infrastruktur. 
  • Hobby di web (www.lagu-indie.com) Web ini hadir sebagai wadah musisi Indonesia menaruh karyanya untuk didengar maupun di download secara luas, bisa dinikmati gratis oleh pecinta musik Indonesia. Kalian punya karya lagu yang enak. Silahkan upload di web ini ^-^. Buat musisi-musisi Indie Indonesia wajib banget melihat web ini. Web ini dengan tagline "Upload Lagumu, Download Favoritmu"
  • Inovasi (www.tendertube.co.id) Web Tendertube ini layanan dari PT Tender Indonesia yang memberikan informasi berbasis video. Video-video inspiratif. Trus ya, PT Tender Indonesia ini juga punya divisi Event Organizer dan divisi PH (Production House) yang membuat sebuah program untuk acara TV ataupun video untuk product/company profile.
  • Personal Branding (www.titoloho.com) nah, disini web Personal Pak Tito. Apa aja yang sudah Pak Tito lakukan didalam karirnya. Tersedia informasi lengkapnya disini. Let's check this web guys:). 

Pak tu Bisnisnya banyak banget ! 
Ngeliat Pak Tito kemarin di Seminar tuh bawaannya pengen jadi Enterpreneur (Pengusaha) biar bisa membuka lowongan kerja buat orang lain, mengurangi angka pengangguran. Semoga suatu hari nanti bisa punya usaha sendiri. amin..


Pak Tito menjelaskan bahwa di dalam Bisnis tuh ada 2. 
Cost :
  • Fix
  • Variabel
Income :
  • Fix
  • Variabel
Pak Tito bilang, kalo modal usaha itu adalah Networking (Jaringan). 

Nah, maksudnya apa nih. Dari mulai cost dulu deh, biaya/modal. Modal kalo Fix, contohnya disaat kita mau buka usaha, kita sewa tempat/lapak. Itu fix harus dibayar per bulan/tahun. Nah kalo untuk yang Variabel gimana nih? gampang, kita mau buka usaha, ga ada modal, bisa menjadi reseller, atau jual sendiri dirumah dengan mengandalkan hp dan internet tanpa sewa tempat/lapak. Di promosikan lewat social media. 

Nah, kalo Income apa tuh? Income adalah Pendapatan. Pendapatan fix tuh maksudnya apa? maksudnya, kalo kita punya usaha, barang yang kita jual laku atau tidak, pendapatannya banyak atau sedikit, kita wajib untuk membayar gaji karyawan. Nah, kalo variabel. Barang laku atau tidak, karyawan gajinya tergantung dari penjualan barang yang dijual tersebut. Ngerti? 

Di tahun ini Indonesia dengan sejumlah negara Asean, sudah mulai menjalankan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Jadi, kita berlomba-lomba deh untuk membuat kreasi atau karya, dan bersaing dengan negara-negara Asean lainnya. Kesempatan kita untuk bekerja di negara Asean juga lebih mudah karena adanya MEA. 

Pak Tito bilang, kalo kita menjual barang, yang dilihat oleh konsumen adalah kreasi dari barang tersebut. Misalnya, barangnya unik, bermanfaat sekali untuk konsumen, beda dari yang lain, dll. Barang tersebut bisa laku atau tidaknya tergantung dari kreasi guna yang ada di barang yang akan kita jual. 

Tapi kalau kita Jual Jasa. Diri kita sendiri/personal kita yang menjadi centre yang konsumen lihat. Oleh karena itu kalo kita jual jasa, penting banget yang namanya Personal Branding. Bukan Pencitraan sih, tapi bagaimana kita berattitude yang baik kepada konsumen dan calon konsumen kita. 

Pak Tito juga menjelaskan mengenai Media Online vs Media Offline. 
Efektif yang mana sih?

Di era social media gini. Ternyata media online tuh lebih berperan loh dalam menjual sebuah produk. Bahkan ada sebuah majalah di USA tu menutup penjualan offlinenya, dan pure berpindah jualan cuma di media online. Woww...

Nah yang penting di Media Online tuh apa aja sih : 
  • Domain
  • Website
  • Konten & Manfaat 
  • SEO (Search Engine Optimization) Nah SEO tuh biasanya web yang paling banyak dikunjungi atau mudah dicari di pencarian google. Biasanya ada di daftar teratas pencarian Google. Dan untuk menembus SEO tuh tidak mudah Pemirsa....

Nah kalo yang penting dari Socmed tuh apa : 
  • Etika 
    Untuk Etika di socmed tuh kalian harus hati-hati deh. Karena ada kan beberapa dari masyarakat Indonesia yang terjerat UU ITE karena menghina atau mengeluh "konyol" di socmednya. UU ITE bisa menjerat penggunanya bahkan hingga ke penjara. Iihh serem yak. take care guys :). Bijaklah dalam menggunakan social media kalian. 
  • Profesional (Nah untuk Profesional nih, socmed bisa banget menghasilkan "keuntungan" diantaranya :
  1. Marketing, marketing di socmed ampuh banget. The power of Instagram kabarnya wow banget, buat kaum hawa, yang banyak menjual berbagai fashion, kabarnya keuntungannya fantastis. Patut dicoba tuh. Socmed macem Facebook dan Twitter juga ga kalah ampuh kok. 
  2. Promosi. Untuk Promo-promo sebuah event Kampus atau Perusahaan banyak banget di share melalui media sosial. Setiap daerah biasanya punya socmed twitter untuk dibagikan acara di daerahnya masing-masing. contohnya @infoJakarta atau @infobandung. Dan acara yang dipromosikan lewat medsos biasanya yang dateng banyak dan menyertakan sebuah "#hastag" yang menunjukan banyak atau tidaknya pengunjung yang datang.
  3. Edukasi. Socmed juga bisa menjadi alat untuk berbagi informasi, ilmu pengetahuan, media sharing, bahkan chit-chat dengan orang-orang yang inspiratif. Dari edukasi ini, banyak diantaranya mahasiswa menjadi relawan mengajar di desa-desa terpencil. Banyak juga sharing tentang informasi seminar, workshop, dll. 
  4. Komunitas. Ga terhitung ada berapa banyak komunitas yang eksis semenjak boomingnya social media. Pasti banyak juga kalian dapet teman dari dunia maya yang passionnya sama seperti kalian. Contoh : Komunitas Blogger, Komunitas Id Berkebun, Komunitas lingkungan go green, Komunitas YOT (Young On Top) and many more.
  5. Dan masih banyak lagi keuntungan dari social media.  

Kesimpulan dari isi seminar ini adalah 
  • Media - Ide
  • Worldwide Business (Masyarakat Ekonomi Asean) MEA 
  • Fix & Variabel
  • Pengetahuan (Umum, Produksi, Sektoral) 
  • Dream high but step by step 

Dan diakhir sesi ada cukup banyak kalimat yang inspiratif. Tapi yang kecatet sama aku cuma sedikit. Ini dia :

"You only live once
          But if you do it right 
Once is Enough"


"Do it now. Sometimes "later", become "never" " 

"If you can't fly, then run
  If you can't run, then walk 
  If you can't walk, then crawl 
  But whetever you do
  You have to keep moving forward 
    - Martin Luther King Jr.  
 Sekian isi seminar dari Pak Tito. Semoga bermanfaat buat kalian. Dan semoga kalian bisa menjadi dan membangun karir kalian di Dunia Media Massa. 
Ini dia poto setelah sesi seminar Pak Tito dengan Para Mahasiswa. Pesertanya banyak banget gaes... Seru dan Inspiratif sekaleee..... 


Thank you gaes
Happy Reading :) 





0 comments: