Ada yang suka menulis? menulis di buku harian atau blog personal kamu? Kenapa sih harus menulis? apa pentingnya? mungkin itu pertanyaan d...

Kenapa harus menulis?

May 13, 2015 Nabela Aprilia 0 Comments

Ada yang suka menulis? menulis di buku harian atau blog personal kamu?
Kenapa sih harus menulis? apa pentingnya? mungkin itu pertanyaan dari isi kepala kalian.
So, kenapa harus menulis?
Cekidot ! 


1. Ikatlah ilmu dengan menulis. Menulis adalah salah satu sarana untuk menuangkan ilmu yang kita punya atau ilmu yang kita dapatkan. Dengan menuliskannya kita bisa menebar pengetahuan atau pengalaman kepada sesama.


Nice words.
2. Menulis sebagai sarana terapi kesehatan
    Menulis bisa sebagai terapi. Karena dengan menulis, kalian menuangkan           segala emosi kalian, baik itu bahagia, sedih atau marah. Setelah menulis,           kalian berasa plong, karena telah mengeluarkan unek-unek kalian. 

Yuk Menulis


3. Menulis sebagai sarana pengingat 
    Sifat dasar manusia adalah pelupa. Nah, sebagai pengingatnya, bisa kita tulis dalam sebuah cerita atau artikel. Kisah-kisah kalian yang bagus, ilmu yang kalian dapatkan dari sekolah cerita mengenai teman atau orangtua bisa dijadikan tulisan dan bisa menjadi warisan buat anak cucu kalian nantinya. 

Remembering

4. Sebuah tulisan bisa dijadikan lirik lagu atau puisi 
    Tulisan kalian bisa banget loh dijadikan lirik lagu atau puisi atau bahkan musikalisasi puisi. Hasilnya bisa kalian upload di youtube dan medsos kalian. Kalau ngehits kalian bisa terkenal deh. 

baca puisi diiringi musik
5. Menulis untuk membaca 

     Menulis memang untuk membaca. Disaat kalian menulis, kalian pasti otomatis bakal membaca yang sudah kalian tulis. Orang-orang yang suka menulis, biasanya suka membaca. Mereka membaca biasanya untuk dijadikan referensi. Menulis lah maka kalian akan membaca. 
Minat baca orang Indonesia cenderung rendah. Gimana caranya untuk menumbuhkan semangat membaca. salah satunya dengan menulis. 


Menulis


6. Menulis bisa menjadi terkenal 
    Ga percaya? Tau Raditya Dika. Pada awalnya, dia adalah seorang blogger, lalu menjadi penulis novel komedi. Buku-bukunya yang menghibur dan kocak selalu menjadi best seller. Raditya Dika kini bukan hanya menjadi penulis tapi juga menjadi sutradara bahkan berperan di filmnya sendiri. Keren kan !
Selain Raditya Dika, ada juga Bunda Asma Nadia, mas Donny Dhirghantoro yang bikin buku best seller 5cm, Mba Hanum dan mas Rangga Almahendra penulis best seller 99 Cahaya di langit Eropa, dll...

Raditya Dika

7. Hobi menulis bisa menjadi Script Writer, Penulis Novel dan Jurnalis 
   Ada yang tau apa itu tugas script writer? Script writer adalah penulis naskah. Tugas mereka membuat naskah untuk sebuah program di televisi. Baik untuk tayangan drama, talkshow, variety show, dll.. 
Jurnalis, tugas jurnalis mencari berita untuk disebarkan kepada khalayak. Kalian harus bisa menulis disaat kerja menjadi Jurnalis. Sekalipun menjadi Jurnalis Televisi. So, kalo kalian bercita-cita menjadi Jurnalis, Yuk Menulis ! 

Mau menjadi Jurnalis seperti mbak ini?

8. Menulis sebagai Komunikasi 
    Menulis adalah salah satu bahasa verbal. Menulis bisa kalian gunakan untuk menuangkan ide-ide kalian. Berguna untuk bikin proposal, makalah, dll...

Communication

Itu dia manfaat-manfaat menulis.
So, Yuk Kita Menulis ! 

Ingat baik-baik pesan dari Pak Pramoedya Ananta Toer
"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."
Itu kenapa, setiap mahasiswa diharuskan menulis untuk Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi. 

Semoga bermanfaat tulisan ini buat kalian :)
Terima kasih




0 comments: