Spanyol, kiblat Sepakbola dunia? Timnas Spanyol sedang berjaya, mereka menjuarai turnamen berkelas internasional tiga kali berturut, ...

July 27, 2012 Nabela Aprilia 0 Comments


Spanyol, kiblat Sepakbola dunia?

Timnas Spanyol sedang berjaya, mereka menjuarai turnamen berkelas internasional tiga kali berturut, diantaranya Juara Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan yang terakhir EURO 2012.
that was amazing bukan?? 
Pencapaian terbaik mereka, karena mereka dapat melahap lawan-lawannya dengan hebat.
apa yang spesial dari sepakbola mereka? siapa yang sangat berperan dalam pencapaian prestasi mereka??
Skuad Spanyol di EURO 2012 kemarin tidak jauh berbeda dengan skuad EURO 2008 dan Piala Dunia 2010, pemain-pemainnya sangat familiar, sebut saja Andres Iniesta (yang menjadi penentu kemenangan di Final Piala Dunia 2010), Xavi Hernandez ( Playmaker Barcelona), Iker Casillas (Sang kapten, Penjaga gawang), Xabi Alonso ( Playmaker Real Madrid), dll. Secara fisikly mereka biasa, hanya beberapa pemain tertentu memiliki postur yang lebih mumpuni (tinggi), diantaranya : Alvaro Arbeloa dan Gerrard Pique.
tapi skill mereka dilapangan, tidak ada yang meragukan. Kesolidan, kekompakan tim patut diacungi Jempol.
Spanyol mempunyai La Liga yang merupakan salah satu liga terbaik dunia, ada dua klub terbaik disana, mereka adalah Real Madrid CF, dan FC Barcelona, skuad bintang memenuhi dua klub tersebut. Kedua klub ini sangat prestisius. Profit mereka terbesar di La Liga. Mempunyai banyak fans di seluruh dunia. Kucuran dana mengalir deras untuk keduanya, baik dari Sponsor, merchandise, hak siar dll.
Real Madrid menjuarai gelar Liga Champion sebanyak sembilan kali, terbanyak di benua Eropa.
Yang paling terlihat Wah dan kemilau cahayanya, hanya dari dua klub ini.

La Liga yang merupakan salah satu liga tersohor Eropa, sangat lah tidak kompetitif, dalam kurun waktu  kurang lebih lima tahun terakhir, hanya dua klub Real Madrid dan Barcelona lah yang benar-benar menancapkan taji mereka di Eropa. Pemain keduanya pun paling banyak menghuni skuad Timnas Spanyol.

Bandingkan, dengan Liga Inggris maupun Liga Italia. Liga Inggris adalah liga terbaik di dunia, liga mereka sangat kompetitif, dan asik sekali untuk ditonton, tidak boring!!! Permainan mereka hampir merata, dari klub-klub papan atas hingga papan bawah sangatlah kompetitif. Masing-masing klub mempunyai pemain bintang, yang menjadi penyedap saat laga berlangsung. Liga Inggris yang kebanyakan, memainkan sepakbola terbuka dan menyerang, sangat enak ditonton. Pihak Sponsor mereka kebanyakan dari Timur Tengah, yang terkenal dengan finansialnya yang sangat baik, investasi di liga terbaik dunia merupakan bisnis yang sangat menggiurkan.

Liga Italia (dulu) merupakan liga terbaik dunia, banyak pemain bertabur bintang ingin bermain disana. Tapi untuk sekarang pun, mereka (masih) merupakan liga terbaik dunia. Liga mereka pun lumayan terlihat kompetitif, banyak club-club besar disana. Diantaranya, Inter Milan, Milan, Juventus dan AS Roma.
Permainan liga mereka berbeda dengan liga Inggris, permainan mereka terlihat lebih santay, kurang "greget", karena kebanyakan memang teknik permainan mereka adalah defense (bertahan).

Lalu apa hubungannya mereka semua dengan Timnas Spain??
La liga yang salah satu liga terbaik dunia, kebanyakan dari club mereka, mengandalkan pemain lokal. Ya walaupun yang kita tahu, Real Madrid lebih "boros" untuk pembelian pemain luar.
Skuad Timnas Spain kebanyakan dari kubu Barcelona dan Madrid. Mereka bermain di liga lokal mereka, yang sedikit banyak mereka lebih mudah mengetahui permainan mereka sendiri, mereka lebih mengenal gaya permainan mereka sendiri, dan tentu saja lebih mudah membangun chemistry antar pemain.
Mereka lebih mudah untuk bekerjasama dengan para pemain lainnya.
Skuad mereka adalah skuad juara, skuad yang terkuat di Euro kemarin. Permainan Tiki-taka yang sangat mereka kenal, mereka berhasil kuasai, sehingga hasilnya pun sangat terlihat jelas, juara di berbagai kompetisi Internasional. Timnas junior mereka pun memperlihatkan hal yang serupa. Juara Euro U-19, pemain-pemain muda yang berkualitas. Regenerasi dan pembibitan pemain muda disana terkoordinasi, tidak main-main, serius. Dan itu bisa dilakukan dengan komitmen.
Jika itu sudah terjadi, gelar pun akan didapat!!! 

Spanyol sekarang berada di peringkat 1 Fifa Dunia, mereka menyingkirkan Brazil yang bercokol di posisi puncak untuk kurun waktu yang cukup lama. Sepakbola mereka seperti filosofi untuk para seniman sepakbola di lapangan. Dan mungkin pula sepakbola disana, seperti agama baru untuk para rakyat disana. Yang akan menjadi kebanggaan rakyat mereka disana. Simbol sepakbola sangatlah prestisius, dia seolah-olah mempunyai derajat yang paling tinggi didunia. Kesuksekan sepakbola seperti penggambaran untuk negara itu sendiri. Jika sepakbolanya maju, negara itu juga "mungkin" sukses dalam hal ekonomi kehidupan, begitu pula sebaliknya. 
Sepakbola merupakan basis fans terbanyak di seluruh dunia. Untuk membangun kualitas olahraga ini tidak dibutuhkan waktu dan kocek yang sedikit. Pembinaan usia dini, pembibitan hingga pematangan para pemain bukanlah usaha yang mudah. Diperlukan komitmen, dedikasi, loyalitas, ruang dan waktu, fisik, tenaga, dan tentunya uang. Diperlukan disiplin dan keseriusan untuk itu semua. Mungkin awalnya sulit, tapi jika tekad dan kemauan itu ada, pasti bisa. Mungkin Spanyol bisa merupakan contoh untuk Timnas Indonesia kedepannya.
Semoga!!!

0 comments: